Aktivitas Sekolah

Kegiatan program pengembangan diri dalam bentuk kurikulum tersembunyi biasanya dipergunakan untuk membiasakan dan membudayakan sikap, nilai, norma, tata krama, dan ketrampilan lunak (soft skills) lainnya. 

Untuk membangun dan mengembangkan Kompetensi Dasar akhlak, perilaku, sosial, emosional, dan kemandirian peserta didik, maka seluruh civitas akademika ditanamkan pembiasaan sebagai berikut :

  • Mengganti Sepatu dengan sandal

Setiap pagi, sebelum masuk kelas, anak-anak wajib mengganti sepatu dengan sandal indoor, dan apabila belajar di luar kelas, anak-anak wajib mengganti sandal indoor dengan sandal outdoor, tujuannya adalah untuk membentuk anak menjadi pribadi yang bersih dan disiplin.

  • Mushofahah (Bersalam – salaman)

Kegiatan rutin ini dilaksanakan ketika peserta didik berangkat, Bapak/Ibu guru menjemput didepan pintu dengan tujuan: menumbuhkan sikap tawadlu terhadap orang yang lebih tua, guru, dan seluruh warga Sekolah.

  • Pembacaan Do’a sebelum belajar dan asma’ul Husna

Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai.

  • Shalat Dhuha Berjama’ah

Seluruh peserta didik wajib mengikuti kegiatan shalat dhuha berjama’ah di Masjid SD Khadijah Wonorejo setiap hari. Tujuan dari pada shalat dhuha ini adalah untuk memupuk dan mempertebal iman dan taqwa peserta didik kepada Allah Swt. Pelaksanaan Shalat Dhuha dan Istighotsah ini dilaksanakan setiap hari Kamis sebelum pelajaran dimulai.

  • Shalat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah

Tujuan dari pada shalat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah ini adalah untuk membiasakan peserta didik mengamalkan kewajiban bagi seorang muslim untuk beribadah kepada Allah Swt sebagai salah satu bentuk penghambaan kepada Allah Swt.

  • Bersih Kelas

Setiap hari pada 15 menit terakhir sebelum pulang sekolah, anak-anak wajib membersihkan meja, kursi dan kelasnya masing-masing, hal ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan bersih, dan bertanggung jawab sejak dini.

  • Jum’at Berbagi dan infaq

Setiap hari jum’at anak-anak diwajibkan untuk berbagi dengan teman dan gurunya, serta berinfaq yang hasilnya nanti akan dibagikan kepada anak yatim dan orang yang tidak mampu.

  • Santunan Anak yatim

Pemberian santunan kepada anak yatim ini dilakukan oleh anak-anak SD Khadijah Wonorejo dengan mengunjungi dan berbagi dengan teman-teman yatim di panti Yayasan Khadijah.

  • Membuang Sampah pada Tempatnya

Seluruh warga sekolah harus menjaga kebersihan, keindahan, dan kenyamanan dengan cara membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Budaya bersih, indah, dan nyaman diawali dari hal yang kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

  • Budaya 4 S (Senyum, Sapa, Salam, Salaman),

Seluruh civitas akademika terbiasa dengan budaya 4 S (Senyum, Sapa, Salam, Salaman) selama berada di lingkungan sekolah dan membudayakan salaman (cium tangan) terhadap Orang Tua dan Guru, serta dilarang mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas, berbahasa sopan dalam berbicara, dan santun dalam bersikap.

  • Pemeriksaan kebersihan kuku, tinggi badan, dan berat badan

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kebiasaan yang sehat kepada peserta didik serta mengetahui perkembangan peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan setiap 1 bulan sekali di akhir bulan dengan dibantu oleh peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dokter kecil.

  • Caring Day

Caring day dilakukan 2 kali dalam sebulan, anak-anakdiajak untuk mengunjungi masyarakat dis ekitar sekolah, kemudian diminta untuk membantu segala pekerjaan disana.

  • Peserta didik dilarang membawa alat komunikasi (HP) di lingkungan sekolah